Penyebab dan Cara Mengatasi Cegukan Bayi

Penyebab dan Cara Mengatasi Cegukan Bayi

cheapsoccermlsjerseys.net – Bingung sekaligus khawatir, mungkin itu yang kerap diderita seorang ibu baru ketika anaknya mengalami cegukan. Padahal sebenarnya, kondisi seperti itu bisa ditangani dengan mudah bila si ibu memahami apa penyebabnya loh! Lantas, bagaimanakah cara menghilangkan cegukan pada bayi dengan benar?

Penyebab Cegukan/Singultus si Buah Hati

Secara garis besar, singultus disebabkan oleh adanya kontraksi pada diafragma. Dimana kontraksi otot tersebut berpeluang menghisap udara ke paru-paru dengan cepat sehingga membuat epiglotis menutup. Epiglotis sendiri merupakan flap jaringan di bagian tenggorokan yang akan menutup ketika manusia sedang menelan sesuatu guna mencegah air liur, minuman, atau makanan terhisap ke paru-paru. Nah, penutupan jaringan dalam tenggorokan inilah yang mengakibatkan timbulnya singultus.

Prosedur Pengobatan

Di bawah ini merupakan beberapa prosedur pengobatan paling ampuh untuk mengatasi singultus.

1. Berikan ASI dan Biarkan Mereka Bersendawa

Menyusui digadang-gadang menjadi salah satu cara paling ampuh dalam mengatasi singultus bayi. Gerakan mulut anak ketika sedang menyusu akan membantu diafragma lebih rileks hingga akhirnya menghentikan singultus. Seusai menyusui, Anda dapat membiarkan anak bersendawa guna memberikan sedikit ruang untuk udara yang notabene terjebak dalam perut.

 

2. Mengatur Posisi Gendong

Apabila proses menyusu hingga bersendawa sudah usai namun bayi masih juga belum berhenti cegukan, kini saatnya Anda mengatur posisi si kecil itu sendiri. Cobalah untuk memegang dan mengatur posisi gendong dalam keadaan tegak berdiri, atau bisa juga sambil digendong tegak. Setelah itu, tepuk perlahan bagian belakang bayi agar gas dari perut bisa naik.

 

3. Beri Barang untuk Dihisap

Memberikan sesuatu untuk dihisap oleh anak juga bisa menjadi opsi alternatif dalam mengatasi singultus. Pada tahap ini, Anda dapat memberikan empeng, dot, atau mungkin puting ibu. Gerakan mulut anak sembari memberi tipuan sedotan di perutnya, kabarnya trik ini akan merangsang munculnya sendawa sekaligus menghentikan singultus.

 

4. Pindahkan Anak ke Tempat Bertemperatur Hangat

Pindahkanlah anak pada tempat yang cukup hangat dan lembab. Ada baiknya untuk menghindari ruangan dengan temperatur agak dingin/ber-AC. Mengingat cegukan mungkin disebabkan oleh suhu ruang yang berubah menjadi dingin.

Baca Juga : Cara Mengubah JPG ke PNG yang Mudah

Tips Mencegah Singultus

  1. Pastikan untuk hanya memberikan ASI atau makanan ketika bayi dalam keadaan tenang, artinya tidak sedang menangis atau bahkan kelaparan. Upaya ini dilakukan supaya udara tidak masuk bersamaan dengan makanan itu sendiri. Tak hanya itu, pemberian ASI ketika anak tenang juga akan menghindarkannya dari resiko perut kembung.
  2. Jangan gendong bayi dengan gerakan memantul ke bawah dan ke atas setelah menyusuinya.
  3. Posisikan anak tetap dalam keadaan tegak selama kurang lebih 20 hingga 30 menit seusai makan.

Dari beberapa cara menghilangkan cegukan pada bayi di atas, manakah yang paling sering Anda gunakan?

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *