Mudah! Inilah Cara Menentukan Hasil Perhitungan dengan Garis Bilangan

Mudah! Inilah Cara Menentukan Hasil Perhitungan dengan Garis Bilangan

cheapsoccermlsjerseys.net – Dalam ilmu matematika dasar, terdapat sebuah metode yang biasa digunakan untuk melakukan penjumlahan maupun pengurangan dengan teknik visualisasi. Ya, metode tersebut adalah garis bilangan. Biasanya, metode ini mulai diajarkan pada anak-anak yang tengah duduk di bangku sekolah dasar. Apakah Anda pernah mempelajarinya sebelumnya?

Secara umum, teknik ini digunakan untuk mengilustrasikan suatu masalah perhitungan agar bisa lebih mudah dipahami dan diselesaikan. Nah, pada kesempatan ini kami akan berikan penjelasan mengenai apa dan bagaimana cara membuat garis bilangan yang dijamin mudah. Simak penjelasan selengkapnya berikut ini!

Apa Itu Garis Bilangan?

Garis bilangan adalah suatu garis lurus yang mana setiap titik atau intervalnya diasumsikan mewakili suatu bilangan riil. Selain itu, garis tersebut juga dapat digunakan untuk mewakili bilangan bulat positif maupun negatif.

Tujuan penggunaan metode ini adalah untuk memudahkan proses membandingkan angka. Lebih dari itu, salah satu metode matematika dasar ini juga dapat difungsikan untuk melakukan penjumlahan, pengurangan, sekaligus perkalian. Ketika bergerak ke arah kanan maka artinya adalah menambah, ke arah kiri artinya mengurangi, dan ketika melewati hitungan artinya mengalikan.

Bagaimana Cara Membuatnya?

Sebelum membuatnya, siapkan terlebih dahulu selembar kertas kosong serta pensil atau spidol. Bahan opsional lain yang bisa Anda siapkan juga adalah penggaris. Setelah semua peralatan siap, ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk membuat number line secara mudah!

  1. Gambarlah sebuah garis horizontal yang panjang pada selembar kertas. Bila perlu, gunakan penggaris agar menghasilkan bentuk geometri yang lurus sekaligus rapi.
  2. Buatlah tanda pembatas dalam garis tersebut. Pastikan jarak antar tanda pembatas atau titik-titiknya sama, ya!
  3. Setelah selesai membuat titik-titiknya, silakan tulis bilangannya di bawah titik tersebut. Mulailah dari angka 0 (Nol) di tengah-tengah garisnya, kemudian 1 di sebelah kanannya, dan seterusnya sampai titik sisi kanan angka 0 habis. Sebagai rekomendasi, buatlah batas bilangan positifnya sampai angka 20 saja karena jika lebih maka penggunaan metode ini akan terlalu sulit dilakukan.
  4. Kemudian tulislah kelompok negatifnya di sisi kiri angka 0 dengan dimulai angka -1, kemudian -2, dan seterusnya dimana semakin ke kiri maka angkanya semakin besar. Sama seperti sebelumnya, buatlah batas bilangannya sampai pada nilai -20.
  5. Butlah tanda panah di kedua ujung garisnya. Tanda tersebut menunjukkan bahwa number line- nya masih bisa berlanjut ke arah kanan maupun kiri.

Cara Menyelesaikan Operasi Penjumlahan dengan Garis Bilangan/Number Line

Berikut adalah langkah-langkah menyelesaikan operasi penjumlahan bilangan riil menggunakan metode number line.

  1. Pertama, tentukan lebih dulu bilangan pertama dan keduanya. Misalnya, 6 + 4, maka bilangan pertamanya adalah 6 dan keduanya adalah 4.
  2. Carilah angka pertama dalam garis bilangannya, lalu letakkan jari Anda pada titik tersebut. Bila perlu, berilah tanda pada angka tersebut. Sesuai dengan contoh soalnya, letakkan jari pada angka 6.
  3. Geserlah jari Anda ke beberapa titik sebelah kanan angka pertamanya sejumlah bilangan kedua dalam soal, yaitu 4. Berhentilah pada hitungan titik keempat. Ilustrasinya, bila bilangan kedua adalah 4 maka Anda akan bergeser sebanyak 4 langkah ke kanan.
  4. Lihatlah hasil titik pemberhentiannya, yaitu pada angka 10. Nah, angka 10 itulah merupakan hasil penjumlahan dari 6 + 4.

Baca Juga : Teman Mengalami Kesulitan? Seperti ini Cara Membantunya

Baiklah, demikian itulah pembahasan mengenai apa dan bagaimana cara membuat garis bilangan secara manual. Setelah membaca informasi ini, apakah Anda sudah semakin paham?. Mari segera praktikkan agar Anda semakin mahir!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *