Ingin Buat Resume yang Baik dan Menarik? Simak Langkah-langkahnya Berikut

Ingin Buat Resume yang Baik dan Menarik? Simak Langkah-langkahnya Berikut

cheapsoccermlsjerseys – Bagi mereka yang tengah disibukkan dengan aktivitas kuliah maupun bekerja, istilah resume tentu tidak asing lagi, bukan?. Akan tetapi, nyatanya masih ada sebagian orang belum mengenal sekaligus mengetahui cara membuat resume

Nah, pada kesempatan ini kami akan jelaskan apa saja seputar resume khusus untuk Anda. Maka dari itu, jangan lewatkan artikel menarik ini, ya.

Apa Itu Resume?

Resume atau ringkasan merupakan sebuah kegiatan menyusun inti dari suatu teks panjang menjadi teks lebih ringkas dan pendek dengan syarat tidak mengubah gagasan utama teks asli.

Biasanya sebagian dari kita akan menyamakan antara karya ini dengan CV atau Curriculum Vitae, padahal sebenarnya keduanya itu berbeda, lho. Jika CV berisi deskripsi kronologis singkat mengenai data diri seorang pelamar kerja, maka resume justru berisi rangkuman pengalaman profesional seorang pelamar kerja dimana memuat hasil pencapaian maupun tujuan karir.

Kendati demikian, resume/ringkasan tidak hanya dibuat untuk melamar perkerjaan namun bisa juga untuk kebutuhan tugas kuliah, pembuatan konten, dan lain sebagainya.

Tutorial Cara Membuat Resume 

Setelah memahami definisinya kini saat mulai cara membuat resume yang baik dan benar. Oleh karena itu, simak langkah-langkahnya sebagai berikut!

1. Baca sekaligus pahami naskah aslinya

Langkah pertama dan terpenting adalah membaca keseluruhan naskah asli yang nanti akan diresume. Tak cukup membaca, Anda juga wajib memahami maksud atau isi naskah tersebut. 

Apabila Anda kesulitan memahami naskah pada bacaan pertama, lakukan pengulangan membaca sampai benar-benar mengerti isinya. Hal ini bertujuan untuk memudahkan langkah selanjutnya, yaitu penulisan.

2. Temukan gagasan utamanya

Setelah membaca sekaligus memahami naskah, kemudian temukan gagasan utamanya. Apabila sudah cukup memahami isi naskah, langkah kedua ini tentu tidak sulit untuk dilakukan.

Biasanya gagasan utama tulisan itu terletak di awal, tengah, atau akhir paragraf. Posisi dasar pemikiran tulisan tersebut tergantung pada jenis tulisan apa yang ditulis oleh penulisnya sehingga Anda harus cermat disini. Bila perlu, catat atau garis bawahi gagasan utama tersebut agar Anda mudah menyalinnya saat menulis ringkasan.

3. Mulai tulis ringkasan

Nah, selanjutnya paling ditunggu-tunggu setelah kedua langkah di atas adalah menulis ringkasan. Langkah ketiga ini membutuhkan waktu sedikit lebih banyak daripada sebelumnya. Akan tetapi, jika Anda sudah benar-benar paham naskahnya maka menulis ringkasan ini bisa jadi lebih cepat dari yang dikira sebelumnya.

Perlu diketahui bahwa meringkas berarti tidak boleh menuangkan pendapat atau opini pribadi. Sebab hal ini bisa mengakibatkan bias tulisan karena bercampur aduk opininya. Untuk memudahkan penulisan, Anda bisa gunakan teknik parafrase.

perlu diperhatikan juga proses penulisan harus menggunakan bahasa yang mudah dipahami (Readability), tidak bertele-tele, serta jika perlu gunakan kaidah EYD atau PUEBI.

4. Baca kembali dan sunting hasil tulisan

Cara terakhir namun tak kalah penting adalah membaca kembali informasi yang Anda sampaikan dalam ringkasan tersebut sebelum dipublikasikan. Hal ini bertujuan untuk menghindari adanya kesalahan, seperti salah tulis (Typo), ringkasan tidak sesuai teks asli, dan kesalahan-kesalahan lainnya.

Baca Juga : PANDUAN CARA HAPUS AKUN GOOGLE TERMUDAH

Nah, demikian informasi mengenai cara membuat resume yang dapat kami sampaikan. Bagaimana? Sudah siap untuk membuat ringkasan terbaik versi Anda?. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *